Berita

PDAM Tirta Raharja Jamin Suplai Air Selama Puasa dan Lebaran Aman


Oleh Informasi dan Publikasi 27 Jun 2016 | Dibaca : 896 Kali

PDAM Tirta Raharja menjamin, suplai air ke pelanggan yang tersebar di Kabupaten Bandung, Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat selama bulan puasa sampai Idul Fitri aman. Terbantu oleh curah hujan yang tinggi, membuat sumber air baku dalam kondisi normal.

"Pada bulan puasa tahun ini, bertepatan dengan musim hujan membuat debit air cukup melimpah.  Berbeda dengan tahun sebelumnya, puasa yang bertepatan dengan musim kemarau menyebabkan distribusi air ke beberapa titik, tidak sesuai harapan warga," tegas Kabag Humas dan Hukum PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung, Dadang Supriyadi di Cisarua, Sabtu (24/6/2016).

Bahkan, Dadang memperediksikan, debit air baku yang dimiliki PDAM akan berlebih pada saat Idul Fitri. Terutama untuk wilayah Kota Cimahi dan sebagian Kabupaten Bandung Barat. Pasalnya, pelanggan PDAM di dua wilayah tersebut didominasi anggota TNI.

"Berkaca pada pengalaman tahun-tahun sebelumnya, pelanggan PDAM yang tinggal di Cimahi dan sebagian Kabupaten Bandung Barat banyak yang mudik, sehingga pemakaian air pada saat Idulfiri menurun drastis. Sementara, ia menambahkan, tekanan air tidak berkurang, berpotensi menimbulkan kebocoran pada jaringan pipa PDAM.

Ia mengingatkan kepada pelanggan yang hendak pulang kampung, untuk mematikan saluran air sebelum meteran. Tidak sedikit, akibat tekanan air yang begitu kuat terjadi kebocoran pipa di rumah.

"Jika bocornya setelah meteran yang rugi pelanggan, karena air yang keluar akan dicatat. Alangkah lebih baiknya, dimatikan sebelum alat meteran pencatat penggunaan air," sarannya.

Jika Idul Fitri pemakaian air diprediksi menurun, namun selama puasa mengalami kenaikan. Peningkatan pemakaian mencapai 10 persen, dibandingkan hari biasa.

Meningkatnya pemakaian, karena bertambah aktivitas warga seperti untuk berwudhu salat tarawih, pemakaian air bersih saat sahur,  dan kebutuhan rumah tangga lainnya.

"Aktivitas memasak juga lebih tinggi, dibandingkan hari biasa," tambahnya. (DM)

Sumber: Galamedianews.com