Profil

Tentang PDAM


Sejarah

Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Raharha awalnya didirikan pada tahun 1926 dengan nama Water Leiding Bedrijf, diperuntukkan memenuhi kebutuhan air bersih komunitas Belanda di Cimahi dan Lembang. Hingga pada perkembangannya, di tahun 1977 dibentuk dengan Perda Kabupaten Bandung No. XVII Tahun 1977 dan disyahkan dengan Keputusan Gubernur Tingkat  I  Jawa Barat No.510/H.K/011/SK/77. Perda ini dirubah untuk pertama kalinya pada tahun 2005 berupa Peraturan Daerah Kabupaten Bandung Nomor 5 tahun 2005 tentang Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Raharja Kabupaten Bandung.

PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung mempunyai tugas pokok dan fungsi memberikan pelayanan air bersih untuk masyarakat Kabupaten Bandung.

 

Wilayah Pelayanan

Dalam perjalanan waktu terjadi pemekaran wilayah Kota Cimahi pada tahun 2001, dan Kabupaten Bandung Barat pada tahun 2007, sehingga wilayah pelayanan PDAM Tirta Raharja secara administratif, meliputi 3 daerah otonom yaitu Kabupaten Bandung , Kota Cimahi, dan Kabupaten Bandung Barat. Hali ini merupakan peluang untuk pengembangan pelayanan air minum dengan potensi demand yang tinggi untuk dapat dilayani PDAM Tirta Raharja.
Sebagai salah satu pemicu perkembangan ekonomi masyarakat diharapkan PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung dapat dijadikan salah satu parameter peningkatan Indek Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Bandung pada sektor Kesehatan dan peningkatan taraf hidup.