Profil

Tentang Perumda Air Minum


Sejarah Perumda Air Minum Tirta Raharja

Dalam rangka pelayanan air bersih kepada masyarakat, pada awalnya Pemerintah Belanda pada tahun 1926 membentuk satu badan usaha dengan nama Water Leiding Bedrijf, melayani kebutuhan air bersih untuk masyarakat di sekitar wilayah Lembang dan Cimahi dengan cakupan pelayanan yang relatif terbatas, yaitu Lembang sebesar 11 l/dt dan Cimahi sebesar 13 l/dt, dengan sumber air dari Mata air Cikole Gede, Cipanghuluan dan Pasir Ipis.

Seiring berjalannya waktu, pada tahun 1959 pengelolaan air minum dilaksanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Daerah Tingkat II Bandung hingga pada tahun 1976. Selanjutnya, Koordinator Pengelolaan Air Minum yang berada di bawah pengawasan Dinas PU Kabupaten Bandung, mempersiapkan pembentukan PDAM Kabupaten Bandung.

Pada tahun 1977, PDAM Kabupaten Bandung terbentuk berdasarkan PERDA No. XVII Tahun 1977, dan kemudian disahkan dengan Keputusan Gubernur Jawa Barat No. 510/HK/011/SK/77. Pada tahun 1977 tersebut, disusun kontrak manajemen antara Ditjen Cipta Karya dan Pemda Kabupaten Bandung, berupa pengembangan cakupan pelayanan air bersih di Kabupaten Bandung dengan bantuan dari Proyek Air Bersih Jawa Barat-Ditjen Cipta Karya dan Pemda Kabupaten Bandung.

Pada tahun 2005, Peraturan Daerah No. XVII Tahun 1977 tentang Pembentukan PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung mengalami pembaharuan, menjadi Peraturan Daerah Kabupaten Bandung No.10 Tahun 2014. Selanjutnya, dengan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat PDAM Kabupaten Bandung berubah menjadi PDAM Tirta Raharja. 

Pada tahun 2019, PDAM Tirta Raharja mengalami perubahan bentuk badan hukum berdasarkan amanat PP 54 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Selanjutnya, dengan ditetapkannya Peraturan Daerah Kabupaten Bandung Nomor 5 Tahun 2019, maka PDAM Tirta Raharja berubah menjadi Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Raharja.

Perumda Air Minum Tirta Raharja telah berkembang dan memiliki record eksistensi dengan rentang waktu yang cukup lama sejak tahun 1926 hingga saat ini. Perumda Air Minum Tirta Raharja merupakan Badan Usaha Milik Daerah yang mempunyai tugas untuk memberikan pelayanan air minum kepada masyarakat di 3 (tiga) daerah otonom yaitu Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cimahi.